Mengetahui Cara Menetaskan Telur Ayam Terbaik

Telur ayam merupakan telur yang relatif lebih mudah dalam proses penetasannya. Ini juga yang menjadi salah satu alasan para pengusaha atau peternak memilih telur ini untuk dipelihara. Cara menetaskan telur ayam juga sangat mudah di era sekarang, dan memiliki kecenderungan keberhasilan yang tinggi. Hal ini bisa dilihat dari semakin meningkatnya jumlah peternak telur ayam di masyarakat. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara menetaskan telur ayam yang dianjurkan.

cara menetaskan telur ayam dengan mesin penetas

 

1. Cara alami

Sesuai namanya, cara alami ini adalah dengan melibatkan induk ayam dalam mengerami telurnya. Hal ini semakin mudah dilakukan karena telur ayam mempunyai cangkang telur yang tipis dan gampang retak dibanding telur lainnya. Ini berpengaruh pada cara menetaskan telur ayam secara alami ini, yang terkadang masih dipilih sebagian orang.

cara terbaik menetaskan telur ayam

Kelebihan lainnya adalah induk ayam betina bisa digunakan juga untuk mengerami telur ayam ayam yang buka miliknya. Ini bisa diterapkan pada induk ayam jenis pengeram seperti jenis Orpington dan ayam Silky. Kedua jenis ini sangat bisa diandalkan dalam proses mengeram telur.

Namun ada juga kekurangan dari cara ini, yaitu kita tidak bisa mengendalikan induk ayam untuk mengerami telur. Jadi ketika induk ayam tidak mau mengeram, maka tidak bisa dipaksa dan harus sabar ditunggu sampai ingin mengeram lagi. Jadi cara mengakalinya adalah mngenali saat-saat biasanya induk ayam ingin mengerami telurnya, lalu diatur agar ia bisa mengerami sesuai target kita.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan pelindung tubuh ayam untuk melindungi ayam dan telur dari kerusakan. Tapi tentu saja ini akan mengeluarkan uang tambahakan lagi sehingga membebani pembiayaan dalam proses produksi. Selain itu, perlu diingat pula bahwa induk ayam betina cenderung hanya bisa sedikit mengerami telur dalam sekali waktu. Kisarannya adalah sekitar tujuh hingga 11 butir telur yang dapat ditetaskan.

2. Menggunakan lampu pijar

Cara lainnya adalah memanfaatkan lampu pijar dalam memberi kehangatan sehingga telur bisa menetas. Cara menetaskan telur ayam ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersediri. Kelebihannya adalah bisa dilakukan tanpa harus mempunyai induk ayam betina untuk mengerami. Bila sebagai pengusaha telur yang hanya mendapatkan pasokan telur tanpa memiliki induk ayam betina, cara ini bisa menjadi pilihan.

cara menetaskan telur ayam dengan lampu

Selain itu, pengusaha atau peternak juga bisa sepenuhnya mengendalikan telur yang ingin ditetaskan dalam suatu periode, karena tidak perlu bergantung pada pihak mana pun, misalnya induk ayam betina. Dengan menggunakan lampu pijar dalam sebuah inkubator, maka telur bisa ditetaskan dalam jumlah banyak.

Namun ada juga kekurangan dari cara menetaskan telur ayam ini. Yang paling menonjol penggunaan daya listri yang berimbas pada meningkatnya biaya yang digunakan. Bila tidak dicermati dengan baik, hal ini bisa sangat merugikan karena tidak sebanding antara pengeluarann dengan penghasilan yang didapatkan di akhir.

Hal ini bisa juga berpengaruh pada gagalnya proses penetasan bila terjadi pemutusan listrik secara mendadak dan pengusaha tidak memiliki cadangan listrik pada saat yang berrsamaan. Belum lagi bila kabel listriknya tidak sengaja tersenggol sehingga mengakibatkan pemutusan sumber listri secara tiba-tba. Proses penetasan yang tadinya sedang berlangsung bisa gagal seketika walaupun sudah mencapai 50% atau bahkan 90%.

Jadi bisa dikatakan cara menetaskan telur ayam dengan lampu pijar dalam inkubator ini sangat rentan terhadap beberapa hal sensitif terkait listrik.

3. Mesin Penetas Telur

Cara menetaskan telur ayam lainnya adalah dengan menggunakan mesin penetas telur otomatis atau biasa disebut mesin tetomatic. Mesin ini merupakan solusi jitu bagi para peternak atau pengusaha yang ingin menetaskan telur ayamnya secara cepat, tepat, beresiko rendah, dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

mesin penetas telur otomatis

Di penetastelur.org produsen mesin penetas telur ini, para pengusaha telur ayam bisa memilih sendiri serta menilai sendiri bagaimana efektifnya mesin ini bekerja. Tidak perlu khawatir lagi terhadap masalah keberadaan induk ayam betina sebagai sumber pengeram telur utama. Juga tak perlu merisaukan daya listrik yang besar yang akan membebani biaya produksi tambahan.

Dengan menggunakan mesin penetas telur, cukup memasukkan telur ke dalam mesin dan tinggal ditunggu sampai menetas. Prosesnya pun terbilang singkat dan dengan resiko yang sangat rendah. Proses ini juga bisa dikontrol dengan mudah dan tidak perlu menyewa tenaga kerja tambahan lagi.

Dibandingkan menunggui induk ayam betina untuk menetaskan telur ayam sesuai keinginan induk ayam, jelas lebih baik bisa mengontrolnya sendiri menggunakan mesin penetas telur ini. Cara menetaskan telur ayam ini bisa lebih efisien bila dilihat dari perbandingannya dengan cara yang lain.

Dengan melihat penuturan di atas, sebagai pengusaha atau peternak ayam, tentu bisa menilai sendiri yang mana yang sesuai kebutuhan. Tapi bila ingin mengendalikan sendiri proses penetasan telur ayam dengan tingkat keberhasilan tinggi, jangan ragu untuk memilih mesin penetas telur yang terbaik. Info dan pemesanan alat petas ini silahkan hubungi 085815949965.